Retrofit Chiller PT. Lotte Titan Chemical Indonesia

Bertujuan untuk memperluas pasar Musicool, pada Maret 2018 dilakukan presentasi mengenai produk Musicool di kantor PT Lotte Titan Chemical Indonesia oleh Sales Executive Industri III Bpk. Ramandha Prasetya dan Agen Musicool PT. Karya Jasa Teknindo.

Setelah melakukan review atas presentasi tersebut, manajemen PT. Lotte Titan Chemical Indonesia melakukan kunjungan ke Kantor Pusat Pertamina untuk melihat unit chiller yang sudah menggunakan Musicool sebagai refrigerant. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat performance chiller setelah diaplikasikan produk Musicool, dan manajemen PT Lotte Titan Chemical Indonesia puas setelah melihat langsung kinerja chiller yang lebih prima.

Kapasitas unit chiller PT Lotte Titan Chemical Indonesia yang diretrofit adalah sekitar 600 TR (ton refrigerasi). Setelah menggunakan Musicool, dapat dilihat perbandingan volume penggunaan antara refrigeran sintetik dan refrigeran hidrokarbon untuk unit chiller tersebut, yaitu sebesar 6,000 kg R22 vs 2,100 kg MC 22 (varian produk Musicool). Treatment lainnya dari penggunaan MC 22 hanyalah penggantian oli chiller dimana sebelumnya menggunakan Nippon Oil 3 GS menjadi Nippon Oil 4 GS yang bertujuan untuk meningkatkan Viskositas oli chiller. Hal tersebut semakin meyakinkan manajamen PT Lotte Chemical Indonesia bahwa Musicool lebih hemat energi dibanding refrigeran sintetik.