Retrofiting 21 Unit AC PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk.

PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk. (APOL) merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi dan logistik batubara yang beroperasi di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B, Kabupaten Jepara – Jawa Tengah. Pada Tanggal 02 April 2019 kemarin, perusahaan tersebut telah melakukan retrofit seluruh unit AC miliknya di PLTU tersebut dengan refrigeran ramah lingkungan produksi Pertamina, Musicool. Adapun jumlah AC yang diretrofit berjumlah 21 unit dengan kapasitas total sebesar 31 PK.

Setelah menggunakan Musicool, konsumsi listrik AC mengalami penurunan rata-rata dari 4,5 Ampere menjadi  3,2 Ampere sehingga diperoleh penghematan sebesar rata-rata 30%. Proses retrofiting di APOL sendiri dilakukan oleh salah satu bengkel Musicool yang telah mendapat sertifikat Musicool dari Pertamina yakni CV. Waroeng Teknologi, Jepara.

Menurut Bapak Dwi Yulianto selaku Manager PT. Arpeni Pratama Ocean Line Tbk., pengunaan Musicool untuk AC memiliki banyak manfaat seperti AC lebih dingin dan yang paling penting menurunkan jumlah konsumsi listrik. Dengan diretrofitnya unit-unit AC APOL diharapkan Musicool dapat semakin berkembang di pasar refrigeran Indonesia dan dapat diaplikasikan ke perusahaan serupa dan PLTU di wilayah sekitarnya.